Sudah Ada Sejak 80-an, Ini Sejarah Bubble Tea Yang Berasal Dari Taiwan

Betewe.com – Minuman bubble tea pernah menjadi tren di Indonesia beberapa tahun lalu. Bahkan sampai sekarang masih banyak gerai bubble tea di pusat perbelanjaan dan memiliki pelanggan setia.

Minuman menyegarkan ini sendiri sejarinya berasal dari Taiwan dan sudah ada sejak 1980-an. Bagaimana asal mulanya?

“Kalau di Taiwan ada dua merek yang terkenal. Dua-duanya ini mengklaim kalau mereka adalah pelopor,” kata pemandu wisata dari Taiwan, John.

Diciptakan Oleh Orang Asli Taiwan Kemudian Menyebar Luas Ke Dunia

Dua merek tersebut yakni Chun Shui Tang dan Hanlin Tea. Jika melihat informasi pada situs resmi Hanlin Tea, disebutlan bahwa pendirinya bernama Tu Zonghe, menciptakan kreasi teh susu mutiara pertama di dunia pada 1986.

Baca Juga:  Xiaomi Kenalkan Laptop Barunya, Mi Notebook Pro 2

Singkat cerita pada saat itu dibuatlah bulatan dari tepung tapioka warna hitam dan putih, layaknya bundaran Yin dan Yang. Ini pula yang diambil sebagai lambang merek Taichi.

Sebaliknya, dari versi Chun Shui Tang, diceritakan bahwa sang pendiri Lin Xiuhui melakukan eksperimen sepulang dari pasar. Hal ini dilakukannya pada tahun 1987.

Kuliner-Sudah-Ada-Sejak-80-an-Ini-Sejarah-Bubble-Tea-Yang-Berasal-Dari-Taiwan-betewe-com_1

Lin membuat teh susu es, teh hitam lemon, dan mutiara dari tepung beras berwarna merah muda. Lantas simsalabim! Jadilah bubble tea.

“Dari Taiwan ini kemudian bubble tea atau kami sebut zhenzhu naicha ini menyebar ke China daratan, lalu menyebar terus sampai ke luar negeri,” pangkas John.

Komentar

Mungkin Anda Menyukai