Finger Food Sangat Bermanfaat Bagi Kemampuan Makan Sang Buah Hati

Betewe.com – Penelitian terbaru mengungkapkan “finger food” atau makanan yang bisa dipegang oleh tangan anak saat memakannya mempunyai manfaat baik. Finger food bukan sekadar camilan biasa yang dikonsumsi oleh sang buah hati, namun ternyata juga bisa merangsang kemampuan motorik anak.

Para ibu biasanya memang menggunakan finger food sebagai cara untuk memperkenalkan makanan tertentu kepada anak. Bentuknya yang kecil dan mudah digenggam membuat anak bisa mengkonsumsinya tak memerlukan alat makan.

Ahli makanan anak dan bayi @mammakanin, Inta Heruwanto, menyebutkan, finger food yang paling sering ditemui antara lain kroket, sosis, risol, kentang, hingga dadar gulung.

“Finger food tak harus makanan olahan, melainkan bisa juga merupakan sayuran segar. Misalnya ada menu utama ayam goreng mentega, finger food-nya aku kasih brokoli utuh dan kentang butiran. Ada juga yang suka kasih jagung gede,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ayam Bakar Jadi Menu Pilihan Eks-Pemeran Power Rangers Saat Pulang Ke Tanah Air

Kira-kira apa Saja Manfaatnya?

Orang tua yang sudah memperkenalkan finger food sejak dini pada anak ternyata akan memanen banyak manfaatnya.

“(Kenapa) finger food atau makanan yang bisa dipegang karena mereka bisa sambil main, bisa lebih merangsang motoriknya,” kata Inta seusai konferensi pers bersama Minute Maid, di Jakarta.

Selain itu menurut situs One Handed Cooks sejumlah manfaat utama memperkenalkan finger food anak sejak dini antara lain adalah

  1. Menginisiasi kekuatan motorik mulut

Finger food membantu membangun kekuatan rahang dan pergerakan lidah dari bergerak mundur dan mengisap yang dimiliki bayi, kepada pergerakan samping ke samping. Kebiasaan ini juga membantu anak memindahkan makanan ke gigi gerahamnya untuk mengunyah makanan lebih efisien.

  1. Refleks tersedak bayi dapat dikikis

Bayi lahir dengan refleks tersedak yang amat sensitif. Refleks ini perlahan hilang seiring semakin banyaknya eksplorasi yang dilakukan bayi dengan objek yang padat dalam mulut.

  1. Melatik Skill Sensorik Anak

Makanan tidak hanya memiliki rasa, namun juga melibatkan kombinasi indera seperti penciuman, sentuhan, gerakan, pengelihatan, dan keseimbangan. Jadi, dengan finger food bayi tak hanya belajar mengecap rasa tapi berbagai macam sensori.

Baca Juga:  Konsumsi Ini, Membuat Kulit Wajah Anda Lembab

Komentar

Mungkin Anda Menyukai