Asik, Ada Tips Untuk Membersihkan Berbagai Macam Jenis Sepatu Dengan Efektif

Betewe.com – Ketika sudah membeli sepatu mahal, kita juga perlu merawatnya agar tetap tampak prima. Namun, cara membersihkan sepatu ternyata berbeda-beda dan tergantung masing-masing bahan sepatu.

  1. Sepatu kulit

Lifestyle-Asik-Ada-Tips-Untuk-Membersihkan-Berbagai-Macam-Jenis-Sepatu-Dengan-Efektif-betewe-com_1

Membersihkan sepatu bergantung pada materialnya. Untuk sepatu kulit, bersihkan kotoran dengan air atau cuka untuk noda. Ketika sepatu sudah kering, lap dengan kain lembut. Kemudian, lap kembali dengan kain basah yang direndam dalam soda pengembang. Bersihkan sepatu dan gosok kembali setelah kering.

  1. Sepatu suede

Lifestyle-Asik-Ada-Tips-Untuk-Membersihkan-Berbagai-Macam-Jenis-Sepatu-Dengan-Efektif-betewe-com_2

Bersihkan mengikuti serat kain secara searah dan gosok lembut dengan sikat kuku untuk menghilangkan noda. Ketika noda di permukaan sudah hilang, tambah tekanan, dan lanjutkan menyikat agar noda yang lebih dalam bisa hilang. Jika perlu, lanjutkan menggosok dengan penghapus putih. Kita juga bisa memanfaatkan kikir kuku. Untuk noda membandel, gunakan kain basah dan bersihkan menggunakan cuka atau alkohol. Cara ini juga bisa digunakan untuk membuat permukaan sepatu lebih cerah.

  1. Sepatu kulit domba

Lifestyle-Asik-Ada-Tips-Untuk-Membersihkan-Berbagai-Macam-Jenis-Sepatu-Dengan-Efektif-betewe-com_3

Baca Juga:  Rumah Raditya Dika Berubah Seketika dengan Hadirnya Anissa Aziza

Gunakan sikat kuku atau sikat pembersih untuk secara lembut mengangkat noda pada permukaan luar sepatu. Gunakan penghapus putih untuk membersihkan noda membandel. Setelah itu, gunakan kain basah untuk mengelap bagian luar sepatu. Namun, jangan sampai terlalu basah karena akan merusak meteri sepatu. Gunakan air dingin dan cuka yang telah disuling, bersihkan bagian yang kotor dengan lembut. Terakhir, lap dengan kain basah dan masukkan kertas koran ke dalam sepatu untuk menjaga bentuknya tetap sempurna saat kering.

  1. Sepatu kanvas

Lifestyle-Asik-Ada-Tips-Untuk-Membersihkan-Berbagai-Macam-Jenis-Sepatu-Dengan-Efektif-betewe-com_4

Mulailah dengan membersihkan kotoran dari sneakers kanvas menggunakan sikat gigi. Lalu, gunakan sikat gigi untuk menggosokan pasta yang terbuat dari soda pengembang dan air pada sol sepatu. Selanjutnya, nyalakan mesin cuci berisi air dingin dengan putaran pelan. Tambahkan setengah takaran deterjen dari total takaran yang biasa digunakan untuk mencuci baju dalam tabung mesin cuci. Ketika sepertiga mesin cuci sudah terisi, rendam sepatu. Biarkan kering dengan diangin-angin. Penggunaan pengering mesin bisa menyusutkan sepatu.

  1. Running Shoes

Lifestyle-Asik-Ada-Tips-Untuk-Membersihkan-Berbagai-Macam-Jenis-Sepatu-Dengan-Efektif-betewe-com_5

Bersihkan kotoran pada sepatu larimu menggunakan sikat gigi, kemudian bersihkan permukaan sepatu yang telah disikat tersebut. Celupkan sikat pada larutan campuran satu sendok teh deterjen dan segelas air. Solusi ini bisa kamu terapkan untuk kain, jaring-jaring dan material karet. Namun, jangan gunakan untuk material foam atau kulit. Gunakan spons basah untuk membersihkan busanya. Bersihkan noda pada tali sepatu menggunakan deterjen. Pastikan area di sekitarnya bersih saat kamu akan menjemur sepatu hingga kering.

Baca Juga:  Mantan Istri Dedy Corbuzier Berharap Kasus Travel Umrah Tak Dilanjutkan

Komentar

Mungkin Anda Menyukai